Coba pertimbangkan dulu empat hal ini, sebelum memutuskan membeli atau menyewa rumah ya! Indeks 00:00 Intro 02:06 …
Beli rumah tanpa pinjaman
#Rumah #Beli #Atau #Sewa #Empat #Hal #Untuk #Dipertimbangkan
Coba pertimbangkan dulu empat hal ini, sebelum memutuskan membeli atau menyewa rumah ya! Indeks 00:00 Intro 02:06 …
Beli rumah tanpa pinjaman
#Rumah #Beli #Atau #Sewa #Empat #Hal #Untuk #Dipertimbangkan
Thanks
Terimakasih kak untuk edukasinya, sangat realistis pertimbangannya😊
Btw saya nonton ini di tahun 2024 pada saat saya sedang bekerja dengan gaji umr dan sudah punya tabungan untuk kpr subsidi. Saya memutuskan untuk menabung dulu untuk nyari yang mau diajak serumah gitu… 😅😅😅
what an insightful content, thank you!
Repot repot urusan KPR, Untuk orang Awam Kaya saya .. Untung saya lihat Beberapa Video nya Mase. Jadi Untuk Keamanan Keluarga & Ekonomi Sekarang.. Lebih Menguntungkan Tinggal sama Mertua/Ortu Dulu/Ngontrak dari pada buru" ambil KPR … Nabung Beli Cash, untuk Penghasilan yang kurang Stabil seperti saya ini, KPR Sangat Beresiko
Yg namanya BTN kalo ditotal2 yg beda sama yg beli ces
Pengalaman saya pribadi saya ada rumah sederhana dipingiran JKT .itupun hasil PHK dari saya kerja yg pertama
Terus karena saya bisa kerja lagi saya putuskan untuk ambil rumah BTN diusia saya 45 tahun dan dpt rumah tempo 10 tahun Alhamdulillah sekarang dah mau pensiun rumah dah lunas kita perlu hitung angsuran jgn sampe memberatkan kita
Biar ngak kedampak keseharian kita
Ambil cicilan flet sampe lunas
Ya Alhamdulillah bisa punya 2 rumah disaat saya pensiun
Yg di JKT rencana saya kontrakan buat nyambung hidup disaat pensiun
Ini pengalaman saya
Kalo beda dengan pemikiran sodara2 ya maaf cuma berbagi cara biar punya rumah pribadi tidak ngontrak pindah Sono sini
Sama seperti saya…. 3 tahun pertama masih nomaden jkt-bdg
Saya buka usaha pertama x saat umur 21… Merid umur 24.. umur 25 banting stir ke usaha lain.. umur 31 beli tanah pertama dgn cash 7×15 130jt dr hasil usaha + ambil kridit bank 400jt utk tambahan biaya bangun rumah 2 lantai dgn tenor 4 tahun.. skrg umur saya 35 thn bln 8-2024 besok cicilan bank saya lunas.. setelah ditotalkan harga tanah dan rumah saya 900jt
Bener mkin bgung 😂
In a good terms 🫡
Saya beli tanah lalu bangun rumah, dengan lokasi sangat baik dan strategis, tenang dan nyaman, dua lantai sekitar 200 m2 4 KT 3 KM. Cicilan untuk beli tanah dan biaya membangun lumayan berat, sekitar 40% dari penghasilan, tapi sejauh ini masih terhandle walaupun tidak frugal living, tapi jeleknya sulit punya tabungan. Benar kata Clau di menit 5.08 rumah perlu biaya perawatan apalagi rumah yang cukup besar seperti tagihan listrik yang lumayan. Tapi saya bersyukur sudah punya rumah dan rumahnya sangat worth the money. Saran saya kalau sekiranya mampu dan sesuai, bangun rumah saja daripada beli, lokasi yang strategis tapi besarnya secukupnya sehingga biaya rutin dan perawatan tidak terlalu besar. Channel ini sangat menarik untuk saya yang sekarang coba belajar frugal living dan pengelolaan keuangan saat ini dan di masa depan. Terima kasih Sam dan Clau.
Masih nyewa rumah..dan pengen punya rumah sendiri. Dalam Nama Yesus,,nanti maunya yg lgsg beli jd tanpa pusing bangun dr awal.. Karna tujuannya buat t4 tinggal secepatnya dulu. Untuk rumah2 berikutnya(Dalam Nama Yesus) barulah bangun dr awal..
tim sewa karena mudah bosan, saya mendiami rumah paling lama 2 tahun..
Kpr subsidi rumah sdh dp nol. Artinnya gak perlu beli tanah, udh bisa punya tempat tinggal
awalnya ngobrolin furgal living sama temen, tapi masih kepo jadi search penejalasan di youtube, nemu ko sam & ci clo bikin makin percaya diri buat bantu keluarga ngemanage uang, soalnya udah terlalu berantakan ketika mulai ngasih perhatian lebih perihal keuangan, ya walaupun income masih belum seberapa untuk pribadi bersyukur karena masih punya income, tapi ketika iseng itung income keluarga total dari semua yang kerja, Alhamdulillah ternyata gede juga ya cuman big why kondisi keluarga masih kaya gini, usut punya usut setelah ikutan campur dan sedikit melupakan kesenangan pribadi, ternyata problemnya orang tua gabisa dan gaada yang bantu untuk manage keuangan, btw malah jadi asik walaupu banyak aduh nya karena menurut ku ini jadi challenge aja gitu perihal berhasil atau tidaknya tergantung Allah aja, makasih cici koko😁
Kak saya save money dong buat beli ruko kebetulan saya pengusaha usia 29 thn penghasilan per bulan 62 jt-100 jt keuntungan 16 jt – 20 per bulan
Brp tahun ya kira kira nabung bsa beli ruko ? Bantu pencerahannya ko🙏🏻
beli rumah itu bagus, nyicil rumah itu boleh, riba bisa dihindari, yg tidak bisa kita dapatkan lagi adalah waktu, property yg setara dg yg saya beli 10 tahun yg lalu sekarang harganya sudah 3 kali lipat, gaji saya dibanding 10 tahun yg lalu gak sampai 3 kali lipat naiknya, artinya semakin lama properti itu semakin mahal buat saya.
Saya ada spare duit cash +-230jt-an dari jerih payah menabung hasil kerja 9th ,tapi ya memng gaji saya masih dibawah 5jt sampai sekarang
Pernah mau beli rumah subsidi hrg 175jt secara cash udh perkiraan untuk harga rumah + bphtp 5% dan tambah bangunan buat bikin teras depan pasang kanopi dan bangun belakang total 228jt
Eh gak taunya ad biaya booking sampe akad 8jt + biaya balik nama notaris minta total 255jt akhirnya ga jadi beli deh beli rumah subsidi dengan material seadanya masa sampe 255jt cuma buat bangunan seiprit + harus bangun belakang dan depan lagi mending nunggu sampe ada 350 aja biar bisa beli rumah seken tinggal terima beres
Pengumuman………
In Sya Allah Bayu nanti ada usaha kosan 20 pintu di rawa Jaya di dkat kmpus Uin Palembang di tmpt tmpt yg Strategis
Numpang sharing sebagai digital nomad, tapi ini back to individual masing2 ya..
Sy sendiri prefer punya property, knp? Karena sy ada barang2, saat sy tinggal at least bisa ketitipan barang2 sy which is ga bisa dititipkan di rumah ortu karena ya sikon rumah ga memungkinkan, nah property nya sy sewain, paling master bedroom ja yg dikunci, kalaupun pas lg ga tersewa titip kunci ke relative utk cek rumah/apartment & dibersihkan rutin per at least 1 bulan sekali.
Dgn begitu sy nomad nya flexible ga perlu mikirin, duh 3 bulan lg kemana ya? Nebeng kerja dimana ya? Karena mau gmn pun, namanya trip harus direncanakan, stay dimana? Living cost di daerah tsb brp? Apalagi yg overseas, ga mungkin ga ada jeda, pasti akan ada momen balik ke Indonesia. Dan klo case kaya sy gini sewa di Jakarta, ga mungkin sy tinggal, sayang donk duit sewa? Klo property sendiri bisa disewain..
Tapi beda org beda case & individu ya.. Mungkin buat mrk yg ga punya barang2 yaa kapan ja dimana ja kerja jadi as digital nomad.
Lagi bingung banget mau bangun rumah ditanah ortu tapi di pemukiman yg notabenenya udah rame perumahan disana dan udah strategis juga atau ambil kpr diperumahan 😢 bingungnya itu untuk investasi ortu dimasa tua aja atau emang untuk aku bangun rumah, karena takutnya aku bangun rumah ditanah ortu tp nanti masa tua ortu ga ada aset lagi. Mohon pencerahannya 🙏🏼
Mau ambil rumah di salah satu kabupaten agak antah berantah yang kupilih karena dingin tp abis liat video jadi mikir biaya maintenancenya takut gjadi basecamp nanti, ah jd bingung😅
Sebelum beli rumah developer cek dulu pakai semen merk apa.?pakai bata merah atau hebel?pakai besi ukuran apa.kalo pakai bahan murahan mending jangan beli
Samuel & claudya om saya mau tanya om itu gimana sih om ada karyawan belum menikah jabatan nya assitant chief Eingenering hotel rumah nya mewah om terus mobil nya 3 ada mobil mewah crv keluaran baru om itu gimana sih om masih muda pendidikan nya hanya S1 udah punya rumah mewah dan mobil mewah om ?
Sekarang kalau bisa nyicil 36 bulan, apakah tidak kena bunga ya?
Apa waktu itu saya salah lihat/baca….
hai kak, bener jg y kalau aman nya mau cicil rumah si mending 50- 70% dp baru aman. tp gk semua bisa mencapai angka itu. better sewa sesuaikan budget. nah kalo aku lg kumpul2, mudah2n bisa kebeli apartmen atau rumah yg di idamkan.
Halo kak Sam & Claude
Mau minta saran donk, saat ini kami sudah ada rumah untuk tinggal ( bukan dgn ortu ) tapi bukan rumah sendiri dan tidak bayar sewa, istri saya pengen KPR rumah sementara saya pengennya ditabung aja dulu sampai cukup untuk beli rumah / buat DP yg lebih besar supaya tenor tidak terlalu panjang / angsuran lebih ringan.
Kebetulan hanya saya yg bekerja dgn gaji UMR, belum ada income sampingan dan tahun ini akan lahir anak pertama kami .
Mohon sarannyaya Kak, mungkin ada penonton yg lain juga boleh komen2.
Terimakasih.
Gw lebih Suka Sewa …. sambil mengumpulankan DP rumah … sepertinya itu lebih menguntungkan…
Thanks Samuel dan Claudya. Sekarang saya jadi lebih percaya diri untuk menentukan beli atau sewa rumah.
Kak mungkin bisa bahas beli rumah HGB (hak guna bangunan), thank youu
Thanks for the education on this matter 😀👍
Setelah nonton ini kok tambah pusing🤣🤣🤣🔥
THANKYOU FOR SHARING CICLAU KOSAM!! Aku pendatang baru di youtube ini .. suka banget denger kalian sharing ❤️ God bless!
Saya ngeliatin retakan di tembok di belakang terus 🤣🤣🤣🤣🤣 (halah)
thank you for sharing
6:39, 7:34, 15:30, 16:59, 18:40
As a very young couple, I'm so glad to find this channel. Berasa ga sendiri lagi, at least ada yg bantu "ngeguide". Thanks so so so much, you two! 🙏🙏🙏
sangat bermanfaat buat yg baru menikah
Kenapa sy nntn video ini setelah punya cicilan rumah dibanten.. dan skrg mau pindah surabaya… yowes jalani aja.. smoga pd lancar rejeki smua untuk punya rumah🙏
Kamera yg d pake apa kak?
Nice info kak, untuk saya yang masih muda dan belum ada rencana menikah juga, bisa jadi insight untuk planning masa depan.
Sangat membantu membingungkan.. 😀😄
Bentar, ini aku tadi kelewatan gak nyimak atau emang gak bahas pertimbangan untuk nyewa rumah ya?
Saya baru beli rumah diusia 56thn. Buat masa tua. Biar gak numpang sm anak. Dpt lokasi dkt RS (ini penting) dekat mini mart. Gak terlalu padat.
Saya team beli rumah cluster langsung, walaupun agak ngurangin jajan, tapi gpp, rumah semakin lama semakin naik, nggak rugi ko beli rumah
18:40 yang laki ga secure, jadi pake alasan dibeliin orang tuanya; yang perempuan fair enough, blame ke yang laki kok lo ga bisa beliin rumah kayak temen gw….ya beginilah kehidupan rumah tangga 🙂
thank you for sharing, aku pun rencana selesai masa fix rate KPR mau lunasin.. biar uang KPR bisa untuk biaya lain, seperti sekolah anak. hahaha
Lebih pilih beli rumah, karena birokrasi susah klo pindah² alamat, dari bayar pajak dll
Open minded banget ini saran2 nya, baguss.
Wah untung ketemu video ini. Saya lagi tahap meyakinkan diri sih buat beli rumah. Justru karena faktor tempat kerja yang selalu di Jakarta, atleast butuh rumah yg punya akses transportasi yg lbh gampang kayak KRL. Kl soal beli atau nggaknya, harusnya (bagi kondisi saya) beli. Krn orangtua pun dan saya skrg tinggal di rumah sewa, ditambah gaya hidup saya yg sekalinya pegang uang banyak suka cepet abis sama hal2 yg bikin nyesel kedepannya hehe. Cicil rumah jadi solusi saya buat 'nabung' sih. Makasih atas pencerahannya, jadi banyak perspektif 🙏🏼
Makasiihh banyak atas sarannya😊